spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menhub Tinjau Lokasi Rencana Bandara VVIP dan Dermaga di IKN

NUSANTARA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau meninjau lokasi rencana pembangunan Bandara VVIP di eks lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT Triteknik Kalimantan Abadi (TKA) di Kecamatan Penajam.

Selain itu, ia juga meninjau pembangunan dermaga logistik Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Jumat (20/1/2023).

Selain meninjau penumpukan logIstik pembangunan IKN, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS) yang didampingi Anggota Komisi V DPR RI, Irwan, juga meninjau tiga pelabuhan yang menjadi dermaga wisata untuk mempercantik dan menjadi akomodasi lain bagi warga IKN selain menggunakan angkutan darat.

Dari tiga lokasi yang dikunjungi oleh Menhub beserta rombongan. Satu lokasi yang telah dipastikan menjadi dermaga wisata yakni Punggur.

“Tadi kami meninjau tiga lokasi. Kami telah memutuskan untuk lokasi semacam dermaga marina yakni Punggur,” ujarnya saat konfrensi pers.

Menhub lebih lanjut menerangkan bahwa Punggur menjadi lokasi dengan jarak terdekat yakni 9 km dari titik nol IKN. “Kalau dibuat dermaga dengan bangunan tradisional ditambah pemandangan sungai yang indah. Dermaga itu akan menjadi titik impresif,” jelasnya.

Ia menambahkan, dermaga tersebut akan dilengkapi dengan kapal wisata sehingga hal tersebut dapat menarik minat untuk berwisata. “Dengan jarak tempuh Balikpapan ke IKN selama satu jam dapat dilakukan dinner atau lunch,” ucapnya.

Sementara Anggota Komisi V DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kaltim Irwan, menyatakan dukungannya terhadap rencana yang telah dikemukakan Menhub Budi Karya Sumadi.

“Tentu sebagai wakil Kaltim dan anggota Komisi V DPR RI, kami mendukung dan menyetujui rencana pembangunan bandara dan dermaga oleh Kemenhub sebagai bagian dari konektifitas IKN ke depan,” ucapnya.

Ketua DPD Partai Demokrat tersebut menambahkan, pasca lokasi ditetapkan ia mendorong agar segera dibuat kajian perencanaan pembangunannya. “Sehingga pembangunan bandara dan dermaga bisa segera dilaksanakan. Doakan kami terus berjuang mengawal dan mewujudkan infrastruktur dan transportasi yang maju di Kaltim,” jelasnya.

“Ini penting terutama dermaga. Karena harus segera diusulkan dan disetujui anggarannya. Saya pribadi tentu akan memperjuangkan anggarannya untuk pelabuhan ini. Proyeksi rampungnya tahun ini bisa,” pungkasnya.(eky)

15.9k Pengikut
Mengikuti