Jumat, Oktober 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Membanggakan, Diskominfo Sabet Juara 2 Lomba GAGAS 2021

BONTANG – Prestasi membanggakan diraih Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bontang. Tahun ini, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin Dasuki itu menyabet juara 2 dalam ajang lomba Good Archival Governance Awards (GAGAS) 2021.

Penyerahan hadiah bertepatan dengan syukuran HUT ke-22 Pemkot Bontang yang diselenggarakan di Auditorium Kantor Wali Kota Bontang, Selasa (12/10/2021). “Kami sangat bersyukur. Tahun lalu kami (Dikominfo) tidak masuk dalam sepuluh besar. Alhamdulilah tahun ini kami bisa meraih juara dua,” ujarnya.

Dasuki menambahkan, semenjak tahun lalu, Diskominfo terus membenahi tata kelola arsip yang baik dan benar. Dirinya juga mengumpulkan staf dan jabatan fungsional (jafung) arsiparis untuk mengevaluasi, memotivasi, sekaligus memacu agar pengelolaan arsip Diskominfo bisa meraih prestasi. Termasuk melengkapi sarana dan prasarana (sapras) yang diperlukan. “Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh staf yang telah mewujudkan ini semua,” ucap Dasuki.

Menurutnya, di era digital saat ini, pengelolaan arsip yang baik sangat penting. Apalagi Bontang telah memiliki layanan Elektronik Arsip (E-Arsip). Ke depan, sambung Dasuki, Diskominfo bakal menginisiasi layanan E-Arsip tersebut agar dimanfaatkan oleh seluruh OPD di lingkup Pemkot Bontang.

Lomba GAGAS diinisiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang. Tahun ini, lomba tersebut diikuti 24 OPD. Penilaiannya terdiri dari aspek pengelolaan arsip dinamis, aspek Sumber Daya Manusia (SDM) kearsipan, aspek sarana prasarana (sapras), serta persentase kebijakan program kearsipan.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Bontang Nomor 188.45/439/DPK/2021, lomba GAGAS 2021 dimenangkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), disusul Diskominfo, dan di posisi ketiga diraih Inspektorat Daerah. Adapun juara harapan I diraih Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), disusul Kecamatan Bontang Barat di posisi harapan II, dan Sekretariat Daerah (Setda) di posisi harapan ketiga. (bms/adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hebat, Bontang Dinobatkan Kota Bersih di Asia Tenggara

0
JAKARTA – Kota Bontang, salah satu dari tiga kota di Indonesia dinobatkan sebagai Kota Ramah Lingkungan/Bersih di Asia Tenggara. Penghargaan itu diberikan The Association...

Pemuda Curi Celana Dalam Perempuan, Warga Jelawat Resah

0
SAMARINDA – Kaum hawa di Samarinda resah. Aksi pencurian celana dalam perempuan yang sedang dijemur terjadi di Jalan Jelawat, Samarinda Ilir, Rabu (21/10/2021). Aksi...