spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Libur Lebaran Selesai, Ratusan Kantong Sampah Terkumpul dari Wisata Pantai di PPU

PENAJAM – Ratusan kantong sampah di salah satu objek wisata di Penajam Paser Utara (PPU) berhasil dikumpulkan dalam kegiatan bersih pantai, Jumat (13/5/2022). Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) berharap budaya serupa bisa terus dilaksanakan secara mandiri oleh masyarakat di sekitar objek wisata yang ada di Benuo Taka.

Pasca-libur Lebaran Idulfitri 2022 hampir seluruh tempat wisata di PPU ramai dikunjungi pelancong. Tidak hanya dari warga setempat, namun juga dari warga luar daerah.

“Setelah lebaran kemarin kami dari dinas pariwisata ada keliling survei ke obyek wisata, ternyata tumpukan sampah luar biasa khususnya di Pantai Tanjung Jumlai, Pantai Saloloang dan beberapa lagi,” ucap Kepala Dinas Budpar PPU, Andi Israwati Latief.

Karena pengelolaan sampah di beberapa lokasi wisata di PPU itu belum baik, akibatnya sampah berserakan hingga terkesan kumuh.

“Kami berinisiatif mengadakan bersih-bersih sampah dan kebetulan kelurahan setempat juga punya agenda yang sama,” tutur dia.

Dalam kegiatan itu, selain jajaran pemerintahan dan aparat, juga mengajak siswa-siswi sekolah dasar hingga sekolah menengah atas yang ada di sekitar lokasi objek wisata, untuk turun langsung memungut sampah. Ratusan kantong sampah yang dikumpulkan, dibuang ke TPA dengan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) PPU.

“Waduh buanyak, sampai nggak ngitung. Ada ratusan kantong, bukan kantong merah saja, tapi kantong plastik sampah yang hitam juga kami siapkan,” jelas Andi Israwati.

Dia mengharapka, kegiatan ini bisa terus dilakukan secara mandiri. Mengingat status destinasi wisata yang ada di PPU sebagian besar dikelola langsung oleh masyarakat.

“Semoga dengan kegiatan ini, bisa terjalin sinergitas antara masyarakat dan pemerintah dalam pengelolaan tempat wisata yang baik untuk kepentingan bersama,” tutup dia. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Di Luar Ruangan Masyarakat Bebas Tanpa Masker, Ini Penjelasan Presiden Jokowi

0
JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan melonggarkan aturan kewajiban penggunaan masker untuk mencegah penularan virus corona penyebab Covid-19. Kini masyarakat diperbolehkan tidak...

Pasca Liburan, 398,6 Kg Sampah Terkumpul di Pulau Beras Basah, Sedotan Plastik Setara Luas...

0
BONTANG - Pasca libur panjang Hari Raya Idul Fitri, aksi bersih-bersih dilakukan di Pulau Beras Basah, pada Minggu (15/5/) hingga Senin (16/5). Yang cukup...