Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lahan Tidur Milik Pemkot Diusulkan Digarap Jadi Lahan Pertanian

BONTANG – Komisi II DPRD Bontang mengusulkan lahan tidur atau lahan pertanian milik Pemkot Bontang yang tidak digunakan lebih dua tahun digarap untuk lahan pertanian dengan skema pinjam pakai.  Komisi II meminta Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) harus berani mengambil kebijakan tersebut sebagai terobosan dengan menggandeng masyarakat.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi II DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang, belum lama ini. “Berdasarkan data, lahan pertanian kita (Bontang) sangat kecil. Hanya tujuh persen dari keseluruhan wilayah. Dengan skema ini, tentu bisa membantu menutupi kekurangan lahan pertanian,” ujarnya.

Politisi Nasdem itu berkeyakinan, minat masyarakat Bontang untuk bertani sangat besar namun terkendala di kekurangan lahan. Dirinya berharap, DKP3 bisa memfasilitasi kebutuhan tersebut dengan perjanjian yang jelas.

Menanggapi usulan tersebut, Kabid Pertanian DKP3, Ali Akbar mengatakan, pihaknya telah mengakomodasi skema itu. Bahkan sudah ada gabungan kelompok tani yang mengusulkan pinjam pakai di beberapa lahan milik pemerintah.

Tidak hanya memfasilitasi peminjaman lahan, namun DKP3 juga berkomitmen sampai ke tahap pendampingan dan penyaluran bibit dan pupuk. Ali berharap, 2022 skema itu sudah bisa berjalan.

“Saat ini sedang berproses di bagian aset. Rasanya sudah ada titik terang. Kemungkinan akan diarahkan ke lahan di area bawah Stadion Bessai Berinta,” pungkasnya. (bms/adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rizal: Tidak Setuju IKN Wajar, Tapi Jangan Hina Warga Kalimantan

0
BALIKPAPAN - Mantan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi termasuk tokoh yang terpantik emosinya akibat ulah Edy Mulyadi. Lewat akun Instagram resminya, tokoh berlatar belakang wartawan...

Inilah Sosok Edy Mulyadi yang Kembali Bikin Gaduh Atas Video Dugaan Penghinaan Kalimantan

0
Edy Mulyadi kembali membuat gaduh dengan video dugaan penghinaan terhadap Kalimantan yang menjadi viral di Twitter. Belum lama ini Edy, juga membuat gaduh, dengan...