spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kumpulkan Penerimaan Pajak Rp 968 Miliar, KPP Pratama Bontang Peringkat 2 Nasional 

BONTANG – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bontang menggelar event Tax Gathering 2023 bertema “Pulih Lebih Cepat, Pajak Bangkit Lebih Kuat,” Selasa (24/1/2023) malam tadi.

Berlokasi di Ballroom Hotel Grand Mutiara, pada kegiatan ini KPP Pratama Bontang menyampaikan prestasi terbaiknya selama tahun 2022 serta mengapresiasi para wajib pajak terbaik.

Hanis Purwanto, Kepala KPP Pratama Bontang mengatakan, di tahun 2022, KPP Pratama Bontang berhasil meraih peringkat 2 nasional dan peringkat 1 untuk wilayah Kalimantan Timur dan Utara.

Prestasi tersebut diraih lantaran KPP Pratama Bontang berhasil melebihi target dalam penerimaan pajak di Kota Bontang tahun 2022. Diketahui, target penerimaan pajak KPP Pratama Bontang selama tahun 2022 adalah Rp 650,7 miliar. Sementara KPP Pratama Bontang berhasil mengumpulkan pajak Rp 968 miliar.

“Kami berhasil jauh melampaui target penerimaan pajak tahun 2022 sebesar 148,76 persen,” ujar Hanis Purwanto dalam sambutannya.

Pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada para wajib pajak, dan OPD yang telah membantu memudahkan dalam pengumpulan pajak dari sektor pemerintahan.

Di tahun 2022 lalu total jumlah wajib pajak di Bontang sebanyak 74.622. Jumlah tersebut terdiri dari jumlah wajib pajak perorangan (OP) sebanyak 69.743, Badan 4.781, dan Instansi pemerintah 98.

“Dengan semakin besarnya penerimaan pajak ini akan semakin membantu pendanaan di Kota Bontang,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah DJP Kaltimtara, Max Darmawan dalam sambutannya, juga mengucapkan terima kasih kepada para wajib pajak dan stakeholder terkait yang telah membantu mensukseskan target penerimaan pajak ini. “Terima kasih untuk KPP Pratama Bontang yang sudah melebihi target di tahun 2022 ini,” ucap Max.

Menurutnya, bertambahnya target penerimaan pajak dibutuhkan untuk merealisasikan pembangunan. Untuk mempercepat pembangunan. Pihaknya optimistis dan yakin bisa mengulang kembali kesuksesan tahun 2022 ke depannya. “Semoga prestasi tahun kemarin terulang di tahun 2023 ini,” harapnya.

Wali Kota Bontang, Basri Rase yang hadir di acara tersebut mengaku kaget kalau di Bontang dan Kaltim ini, termasuk yang terbaik dalam penerimaan pajak di Indonesia. “Saya baru tahu kalau Bontang dan Kaltim ini termasuk yang terbaik di tingkat nasional,” kata Basri Rase.

Menurutnya, Bontang sebagai kota industri memiliki potensi pajak yang besar. Mampu memberikan kontribusinya untuk pemerintah pusat. Angka penerimaan pajak ini sebenarnya masih bisa lebih besar lagi, namun sayang masih banyak yang belum paham pentingnya membayar pajak.

Dirinya pun sudah memprogramkan 1 motor 1 RT untuk mendukung program KPP Pratama Bontang dalam penerimaan pajak. Nantinya setiap Ketua RT juga akan menjadi agen pajak di masing-masing RTnya. “Kami harap dari program ini dapat semakin meningkatkan penerimaan pajak,” bebernya.

Di akhir acara Tax Gathering 2023 ini, KPP Pratama Bontang menggelar sesi penghargaan bagi wajib pajak terbaik tahun 2022 di Bontang untuk 5 kategori. Berikut 5 kategori dan wajib pajak terbaiknya:

  1. Wajib Pajak Badan Pembayar Pajak Terbesar Tahun 2022: PT Pupuk Kalimantan Timur
  2. Wajib Pajak Orang Pribadi Pembayar Pajak Terbesar Tahun 2022: Indrayati
  3. Wajib Pajak dengan Kontribusi Bagi Hasil Pajak Terbesar Tahun 2022: PT Badak LNG
  4. Wajib Pajak Instansi Pemerintah Satuan Kerja Terbaik dalam Pelaporan SPT Tahunan Pegawai Tahun 2022: DPPKB
  5. Wajib Pajak Instansi Pemerintah/Satuan Kerja Patuh Tahun 2022: Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Bontang. (al/adv)
15.9k Pengikut
Mengikuti