KPU Bontang Bentuk PPDP, Libatkan 375 Orang untuk Coklit

0
103
Saparuddin, Komisioner KPU Kota Bontang

BONTANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang sudah mulai membentuk petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bontang. Proses pembentukan PPDP ini dilakukan oleh jajaran adhoc pemnyelenggara Pemilu Panitia Pemungutan Suara (PPS) sejak 24 Juni hingga 14 Juli 2020.

“Seluruh PPS kami saat ini sudah melakukan koordinasi dengan ketua RT untuk pembentukan PPDP. Cuma memang belum semua RT bisa ditemui karena kesibukannya. Tapi sebagian besar sudah berkoordinasi untuk meminta usulan nama yang bisa ditunjuk menjadi PPDP,” ungkap Saparuddin, Komisioner KPU Bontang usai berkoordinasi dengan Agus Susanto, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Bontang, Senin (29/6/2020) di Kantor Bawaslu Bontang.

BACA JUGA :
Bawaslu Kawal Pembentukan PPDP, Berharap yang Terpilih Berintegritas

Menurut Koordinator Divisi Hukum KPU Bontang ini, proses rekrutmen dan pelaksanaan tugas PPDP harus tetap memperhatikan standar dan prosedur protokol kesehatan covid-19.

Soal jumlah PPDP yang dilibatkan, Saparuddin mengatakan, hasil pemetaan KPU Bontang, ada sebanyak 375 orang yang akan direkrut menjadi PPDP dengan masa kerja satu bulan mulai 15 Juli sampai dengan 13 Agustus 2020. “Mereka akan bertugas melakukan pemutakhiran data pemilih dengan coklit (pencocokan dan penelitian, Red.) yang akan dimulai 15 Juli,” sebutnya. “Rencananya tanggal 18 Juli akan dilakukan coklit serentak ini,” tambahnya.

Terkait proses pemutakhiran data di tengah pandemi covid 19, Saparuddin mengatakan, sesuai dengan edaran KPU, pelaksanaan pemutakhiran data juga akan memperhatikan prosedur protokol kesehatan covid 19. “Dalam perencanaan kami juga sudah menyiapkan anggaran APD (alat pelindung diri, Red.), termasuk rapid test bagi semua jajaran PPDP. Ini menjadi syarat protokol kesehatan karena Pilkada serentak dilaksanakan di saat pendemi covid,” bebernya.

Terkait perkembangan pembentukan PPDP, Saparuddin mengatakan, karena basis pembentukannya di tingkat kelurahan, maka progres pembentukannya juga berbeda-beda. “Sampai dengan Rabu (28/6, Red.), sudah ada 5 kelurahan yang terpenuhi PPDP nya. Yang jelas kami targetkan bisa selesai hari ini (29/6, Red.),” pungkas Saparuddin. (gs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here