spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Konsolidasi Panwaslu Kecamatan se-Kota Bontang Bahas Reformasi Birokrasi

BONTANG – Bawaslu Kota Bontang menggelar kegiatan Rapat fasilitas pengelolaan administrasi dan konsolidasi Sekretariat Panwaslu Kecamatan se-Kota Bontang dalam pengawasan penyelenggaraan tahapan pemilu tahun 2024 di Hotel Bintang Sintuk pada 26 November 2022.

Kegiatan ini  menghadirkan Analis Hasil Pengawasan dan Pengaduan Masyarakat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Syahril.

Syahril menyampaikan mengenai reformasi birokrasi pada penyelenggara Kesekretariatan dalam Fasilitasi Pengawas Pemilu. Pentingnya Reformasi Birokrasi adalah untuk menciptakan struktur dan sistem pemerintahan yang adaptif, berintegrasi, berkinerja tinggi, bersih dan bebas KKN, netral dan yang paling penting adalah teguh akan nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara.

“Reformasi birokrasi adalah salah satu upaya pemerintah yang dilakukan untuk perbaikan strukturnya, organisasinya kemudian SDM-nya. Sekarang yang saya rasakan teman-teman yang menjabat sebagai ASN di Kota Bontang ini sudah orang-orang yang sudah luar biasa,” ujarnya

Reformasi birokrasi sendiri adalah salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mencapai good governance sebagai bentuk pembaharuan secara mendasar terhadap sistem pemerintahan yang meliputi SDM dan struktur organisasi dalam pemerintahan.

Terdapat 8 Area Perubahan Reformasi Birokrasi yaitu Organisasi melalui penataan dan penguatan organisasi, tatalaksana berupa kualitas pengelolaan arsip, SOP dan keterbukaan informasi publik, peraturan perundang-undangan agar tercapai harmonisasi dan ketertiban dengan teraturnya sistem tanpa ada yang tumpang tindih.

Selanjutnya ada mengenai sumber daya manusia yang profesional, pengawasan yang kuat terhadap segala bentuk aduan masyarakat maupun gratifikasi, akuntabilitas, pelayanan publik mengikuti standar pelayanan dan pemanfaatan teknologi informasi dan terakhir mengenai mindset dam culture set aparatur.

jika hal-hal tersebut dilaksanakan dengan baik dan benar maka akan menciptakan pola pikir, pola kerja maupun budaya kerja yang tereformasi dengan baik. Hal yang paling penting adalah perubahan terhadap mindset atau pola piker dari SDM ke arah yang lebih baik.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua Bawaslu Kota Bontang, ketua Panwascam dan seluruh staf Panwascam dari berbagai Kecamatan di Kota Bontang. (sc)

15.9k Pengikut
Mengikuti