spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kodam VI/Mulawarman Gelar Upacara HUT TNI, Dimeriahkan Defile Pasukan dan Alutsista

BALIKPAPAN – Kodam VI/Mulawarman menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI di tengah guyuran hujan, Rabu (5/10/2022). Acara tak hanya berlangsung di lingkungan Markas Kodam VI/Mulawarman, namun juga di ruas Jalan Jenderal Sudirman, depan Markas Kodam.

Peringatan HUT TNI diikuti seluruh angkatan bersenjata, baik Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut. Bahkan Polri melalui Polda Kaltim ikut meramaikan.
Adapun tema yang diusung pada ulang tahun TNI yang ke-77 ini yakni “TNI Adalah Kita”. Sebuah representasi dimana TNI merupakan bagian daripada rakyat itu sendiri.

Seperti dikemukakan Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, bahwa TNI berasal dari sejarah perjuangan rakyat yang tidak sebentar. “TNI itu tidak begitu saja ada. Istilahnya kalau dalam bahasa Jawa itu tidak ujug-ujug ada. Tapi melalui proses yang panjang,” ujar Mayjen TNI Tri Budi di sela kegiatan.

Ia pun mengenang, lahirnya TNI berangkat dari keberanian rakyat mengusir penjajah meski hanya bermodalkan senjata ala kadarnya. Menurutnya, prajurit harus mengingat latar belakangnya, sehingga menjadi acuan dalam bekerja. “Dengan diangkat tema itu, harus kita ketahui bahwa kita berasal dari rakyat dan harus bekerja untuk kepentingan rakyat,” jelas Tri Budi.

Acara peringatan HUT TNI dimeriahkan dengan defile pasukan TNI, Polri, bahkan PNS. Diikuti pula dengan defile alat utama sistem senjata (alutsista) TNI. Defile sendiri merupakan perarakan barisan atau dalam kata lainnya adalah parade.

Berbagai pasukan, tidak hanya golongan prajurit pria, namun wanita pun ikut dalam parade yang ditonton oleh masyarakat sekitar. Bahkan pelajar pun tampak hadir dalam semarak HUT ke-77 TNI di Kodam VI/Mulawarman. (Bom)

BACA JUGA

15.9k Pengikut
Mengikuti