spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jokowi Setujui Tim Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan, Ada Legenda Timnas, Ini Daftar Lengkapnya

JAKARTA – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md mengumumkan komposisi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta atau TGIPF Tragedi Kanjuruhan. Nama-nama pimpinan dan anggota tim ini sudah dilaporkan Mahfud ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi. “Disetujui, serta diminta segera diumumkan dan bekerja,” kata Mahfud Md dalam konferensi pers, Senin, 3 Oktober 2022.

Seperti diketahui, seusai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022), terjadi kerusuhan yang menewaskan ratusan suporter.

Sementara itu, Jokowi juga sudah memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menginvestigasi Tragedi Kanjuruhan. “Usut tuntas kasus ini,” kata Jokowi dalam keterangan pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu, 2 Oktober 2022.

Jokowi juga memerintahkan Listyo, bersama Zainuddin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk mengevalusi secara menyeluruh pelaksanaan pertandingan sepak bola dan prosedur pengaman penyelenggaraannya.

Berikutnya, Jokowi memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1. “Sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan,” kata dia.

Presiden juga meminta Menkopolhukam untuk segera mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan. Dengan begitu, dipimpin Menkopolhukam tim gabungan ini bakal bekerja hingga dua pekan atau lebih ke depannya.

Dalam pembentukan Tim Pencari Fakta ini, Menko Polhukam pun melihatkan banyak orang yang memang ahli dalam bidangnya. Salah satu yang tak tertinggal dari tim yakni legenda timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Dengan kepemimpinan Menkopolhukam sendiri ada beberapa nama dari bidang olahraga seperti Kurniawan Dwi hingga pengamat sepak bola Akmal Marhali yang dilibatkan.

Untuk TGIPF ini segera bekerja dan dalam dua pekan diharapkan sudah bisa menyampaikan hasil investigasi kepada Presiden RI.

Daftar lengkap komposisi tim yaitu sebagai berikut:

Ketua: Mahfud Md
Wakil Ketua: Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali
Sekretaris: Mantan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum yang juga mantan Deputi III Kemenko Polhukam Nur Rochmad

Anggota:
1. Rhenald Kasali (Akademisi)
2. Sumaryanto (Rektor Universitas Negeri Yogyakarta)
3. Akmal Marhali (Pengamat Olahraga yang juga koordinator Save Our Soccer)
4. Anton Sanjaya (Jurnalis Olahraga dari Harian Kompas)
5. Nugroho Setiawan (mantan Pengurus PSSI degan Lisensi FIFA)
6. Letjen TNI (Purn) Doni Monardo (mantan Kepala BNPB)
7. Mayjen TNI (Purn) Suwarno (Wakil Ketua Umum 1 KONI)
8. Irjen Pol (Purn) Sri Handayani (mantan Wakapolda Kalimantan Barat
9. Laode Muhammad Syarif (Kemitraan dan mantan Wakil Ketua KPK)
10. Kurniawan Dwi Yulianto (mantan Pemain dan Striker Timnas/APPI).  (mk)

BACA JUGA

15.9k Pengikut
Mengikuti