Jumat, Agustus 6, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jaga Prokes! Sehari Corona Bertambah 13.737, Kaltim-Kalbar Tertinggi di Kalimantan

JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memperbarui data kasus Corona. Diketahui, dalam waktu 24 jam hingga Minggu (20/6/2021) pukul 12.00 WIB, terjadi penambahan 13.737 kasus baru, dengan penambahan pasien meninggal 371 orang dalam sehari.

Total sejak Corona dinyatakan masuk Indonesia pada 2 Maret 2020 sampai Minggu (20/6/2021), tercatat 1.989.909 kasus terjadi, dimana 54.662 orang diantanya meninggal dunia. Adapun kasus aktif sampai hari ini sebanyak 142.719 orang.

Untuk pasien sembuh berdasar data yang dirilis Satgas Covid-19, jumlahnya mencapai 6.385 pasien atau total 1.792.528 orang. Sementara untuk lingkup Pulau Kalimantan, jumlah kasus positif di Kaltim menurun menjadi 147 kasus dari sebelumnya (Sabtu) yakni 152 kasus positif.

Jumlah ini sama dengan kasus positif Covid-19 yang ditemukan di Kalbar. Atau secara nasional, Kaltim dan Kalbar menempati peringkat 9 dengan kasus baru sejumlah 147 orang. Menyusul kemudian Kalteng 75 kasus, Kaltara bertambah 40 kasus, dan Kalsel tercatat hanya bertambah 20 kasus baru dalam sehari.

Untuk mencegah Covid-19 tak terus menyebar, Satgas tak henti-hentinya meminta semua pihak mematuhi protokol kesehatan (prokes). “Masyarakat diminta disiplin memakai masker, rajin mencuci tangan memakai sabun, dan menjaga jarak,” tulis Satgas dalam keterangan resminya.

WASPADAI LONJAKAN KASUS DI KALTIM
Lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Tidak terkecuali di wilayah Kaltim. Dimana dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi cukup signifikan. Berdasarkan rilis dari Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, per Ahad, 20 Juni 2021, jumlah terkonfirnasi terjadi penambahan sebanyak 147 kasus sehingga total kumulatif menjadi 73.662 kasus.

Hal itu menyebabkan peningkatan kasus aktif sebanyak 1.396 kasus (bertambah 66 kasus). Setelah pasien sembuh bertambah hanya kurang lebih setengah dari terkonfirmasi, yakni 78 kasus (kumulatif 70.499 kasus).

“Penambahan jumlah terkonfirmasi paling banyak terjadi di Balikpapan ada 76 kasus, disusul Berau dan Bontang masing-masing 22 kasus, Samarinda 11 kasus, Kutai Timur 7 kasus, Paser 4 kasus, Kutai Kartanegara dan Kutai Barat masing-masing 2 kasus, Penajam Paser Utara 1 kasus. Sedangkan Mahakam Ulu nol kasus baik terkonfirmasi maupun kasus aktif, sehingga kabupaten termuda di Kaltim ini kembali menjadi Zona Hijau,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Hj Padilah Mante Runa, Ahad (20/06/2021).

Menurut Padilah, pihaknya bersama instansi terkait tergabung dalam Satgas Penanganan Covid-19, saat ini terus berkoordinasi dengan satgas kabupaten/kota untuk melakukan penelusuran terkait hal-hal penyebab utama terjadinya penambahan terkonfirmasi yang signifikan dalam beberapa hari terakhir.

“Yang jelas masyarakat jangan lengah dan tetap waspada. Protokol kesehatan tetap dilaksanakan secara disiplin dan ketat. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas, sangat penting dilakukan masyarakat dan diawasi oleh satgas setempat, agar kita bisa menekan penularan Covid-19 di Kaltim yang kembali melonjak saat ini,” pesannya. (prs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PPKM Level 4 Diperpanjang, Pelayanan Disdukcapil Samarinda Sepenuhnya Online

0
SAMARINDA - Kota Samarinda termasuk dalam 8 daerah di Kalimantan Timur yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Konsekuensi dari hal ini...

Gubernur Isran Harap Insentif Nakes Dapat Ditanggung Pemerintah Pusat

0
BALIKPAPAN – Permasalahan pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) yang sudah tidak ditanggung lagi oleh pemerintah pusat, menjadi salah satu poin penyampaian Gubernur kaltim, Isran...