Hanya 359 Warga Binaan Masuk DPT, Ini Penjelasan KPU Bontang

0
Lambaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bontang. (ist)

BONTANG – Dari seluruh warga binaan yang saat ini menjalani masa pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bontang yang jumlahnya lebih dari 1.000 orang, tercatat hanya 359 orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Bontang 9 Desember mendatang. Sementara lainnya tidak memiliki hak pilih.

Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang, Antoni Lamini menjelaskan, dari seribuan warga binaan yang ada di lapas, yang merupakan warga Bontang sebanyak 450 orang. Sementara sisanya berasal dari luar Bontang seperti Kutim, Kukar, dan kabupaten/kota lainnya. “Setelah itu kami melakukan penyandingan, penelitian, dan pencocokan data,” ujarnya, Jumat (16/10/2020).

Dari hasil penyandingan, penelitian, dan pencocokan data tersebut, didapati 12 orang di antaranya masih di bawah umur 17 tahun dan belum menikah, sehingga belum memiliki hak pilih. Berikutnya, 24 orang lainnya dinyatakan bebas sebelum 9 Desember nanti, sehingga tidak dikategorikan sebagai warga binaan lagi.

Dan 55 orang lainnya yang sebelumnya diketahui tidak memiliki identitas, dipastikan bukan merupakan warga Bontang. Ini berdasarkan informasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bahwa database kependudukan ke-55 orang tersebut tidak ditemukan sebagai warga Kota Taman. “Sehinga yang masuk dalam DPT hanya 359 orang,” terangnya. (bms)

BACA JUGA :  Momen Sumpah Pemuda, Agus Haris Minta Pemuda Harus Bersatu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini