From Zero to Hero:  Kampung Masdarling Wisata di Gerbang Kota Bontang

0

BONTANG – Tumbuh menjadi tempat wisata di bagian paling barat Bontang, Kampung Masdarling yang merupakan mitra binaan Badak LNG kini menjelma sebagai satu-satunya ekowisata berbasis masyarakat di Kota Bontang dengan penerapan konsep wisata yang terintegrasi dengan pengelolaan lingkungan. Perkembangan yang pesat menjadikan Kampung Masdarling sebagai program unggulan Comdev Badak LNG.

Kampung Masdarling telah digagas sejak September 2018 oleh masyarakat di Jalan Bukit Pasir RT 26 Kelurahan Gunung Telihan. Saat itu, masyarakat tergerak dalam mengatasi masalah sampah di Kota Bontang seiring dengan tumbuhnya kepedulian terhadap lingkungan di Gunung Telihan.

Untuk menegaskan tujuan gerakan tersebut, tercetuslah nama  Kampung Masdarling (Masyarakat Sadar Lingkungan). Nama ini dicetuskan guna memupuk dan menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan agar sehat, bersih, hijau, sekaligus mampu menopang perekonomian.

Pada awalnya, masyarakat melakukan swadaya dalam membangun Kampung Masdarling tersebut. Kerelaan untuk menggunakan biaya sendiri menggambarkan betapa tingginya kepedulian masyarakat Telihan terhadap lingkungan daerahnya sendiri.

“Kelurahan Gunung Telihan memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi tempat wisata karena masyarakat di Jalan Bukit Pasir memiliki rasa gotong royong yang tinggi. Sebagai daerah yang paling pertama dilewati saat pengunjung datang ke Kota Bontang, akan lebih baik bila mereka disambut oleh Wisata di Gerbang Kota Bontang, yakni wilayah Gunung Telihan,” tutur Bowo Ketua Kampung Masdarling.

Disaat yang bersamaan, Badak LNG melihat adanya potensi dan peluang untuk mengembangkan kawasan Gunung Telihan menjadi perkampungan yang memiliki wawasan konservasi lingkungan.

Badak LNG kemudian berinisiasi untuk membantu dan memberikan dukungan dengan memberikan bantuan berupa rumah kompos, alat-alat pendukung kegiatan masyarakat, serta memberikan berbagai pelatihan untuk masyarakat.

Berkat kegigihan masyarakat Gunung Telihan, pada 31 Maret 2019 Kampung Masdarling pun diresmikan oleh Badak LNG dan juga Walikota Bontang Neni Moerniaeni sebagai Kampung Wisata berbasis lingkungan.

Belum genap setahun sejak diresmikan, Kampung Masdarling kini telah memiliki 9 program wisata. Bahkan kini Kampung Masdarling menjadi pilihan utama bagi institusi pendidikan mulai dari TK hingga SMA juga komunitas-komunitas di Kota Bontang sebagai tempat untuk gathering ataupun berwisata sambil belajar mengenai pelestarian lingkungan.

Adapun program wisata di Kampung Masdarling:

  1. Wisata Edukasi Pertanian Organik (wisata yang paling populer)
  2. Wisata Edukasi Pengelolaan Kompos
  3. Wisata Edukasi Pengembangbiakan Vegetatif Buatan Tanaman Hias
  4. Wisata Edukasi Pembuatan Kerajinan dari Botol
  5. Wisata Petik Sayur dan Buah di Kebun
  6. Wisata Sepeda Keliling Kebun dan Track Profesional
  7. Wisata Selfie di aneka photobooth di Kampung Narsis (Wisata yang paling Populer)
  8. Wisata Jalan Terapi
  9. Wisata Kuliner dan Lokasi Gathering

Kampung Masdarling telah membuktikan keberadaannya mampu membawa dampak positif, baik bagi masyarakat Gunung Telihan maupun Kota Bontang. Salah satu manfaat yang paling terasa ialah meningkatnya perekonomian warga setempat dengan berdirinya wisata edukasi di Kampung ini. Tak hanya itu, banyaknya pelatihan juga membantu meningkatkan kemampuan masyarakat dalam pengelolaan Kampung Masdarling.

Keberhasilan menjadi program unggulan tak membuat pengelola Kampung Masdarling merasa puas. Mereka masih memiliki harapan untuk terus meningkatkan kualitas sarana dan pelayanan Kampung Masdarling.

Salah satunya adalah terwujudnya dapur bersih sebagai tempat untuk membuat oleh-oleh khas Masdarling yang memenuhi standar kebersihan juga mendapatkan pengakuan halal untuk setiap produknya. Dengan demikian produk oleh-oleh khas Masdarling ini dapat dipasarkan secara luas. Harapannya produk oleh-oleh khas ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

Badak LNG berharap hadirnya Kampung Masdarling dapat menjadi ikon wisata dan kampung percontohan berbasis kesadaran lingkungan di Kota Bontang serta dapat direplikasi di seluruh kelurahan di Kota Bontang. (MR badaklng/red)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini