spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DLHK Serahkan Puluhan Kendaraan Pengangkut Sampah untuk 13 Kecamatan se-Kukar

TENGGARONG – Puluhan unit kendaraan pengangkut sampah, diserahkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kutai Kartanegara (DLHK Kukar), untuk 13 kecamatan di Kukar. Acara serah terima sarana dan prasarana (sapras) pengangkut dan kebersihan sampah digelar, di halaman Kantor DLHK Kukar, Selasa (24/1/2023).

Total sebanyak 44 unit kendaraan yang diserahkan. Terdiri dari 1 mobil pikap untuk Kecamatan Muara Muntai, 30 unit kendaraan roda tiga merk Viar untuk Kecamatan Sangasanga (1 unit), Tenggarong Seberang (1 unit), Tabang (20 unit), Kembang Janggut (4 unit) dan Kenohan (4 unit).

Ditambah 3 unit dump truk untuk Kecamatan Tenggarong. Kecamatan Loa Kulu, Loa Janan, Sebulu, Sangasanga, Kembang Janggut, Muara Badak, Marangkayu, Tabang, Kenohan, Muara Wis masing-masing 1 unit.

Kepala DLHK Kukar Alfian Noor menyebut, kendaraan yang dibagikan merupakan hasil penganggaran tahun 2022 lalu. Baru dibagikan dan diserahkan ke masing-masing kecamatan pada awal tahun 2023, setelah proses administrasi diselesaikan dengan baik.

“Sambil dilakukan pembenahan berapa lagi kebutuhan sapras masing-masing kecamatan,” ujar Alfian Noor.

Dengan kajian yang akan dilakukan oleh DLHK Kukar dalam waktu dekat, dipastikan oleh Alfian Noor akan tergambar jelas berapa kebutuhan sapras masing-masing kecamatan yang harus dipenuhi. Karena mengingat jumlah sampah rumah tangga khusus di Kecamatan Tenggarong saja, mencapai 20-30 ton per hari.

Setelah puluhan unit kendaraan pengangkut sampah ini diserahkan ke masing-masing kecamatan, dipastikan pengelolaannya akan diserahkan sepenuhnya kepada kecamatan yang menerima.

Mulai dari biaya operasional, bahan bakar hingga gaji pengangkut sampah, akan dikelola oleh kecamatan. “Kewenangan diserahkan ke (masing-masing) kecamatan,” tutup Alfian. (afi)

15.9k Pengikut
Mengikuti