spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DLH PPU Turut Siapkan Lahan Pembuangan Sampah IKN

PENAJAM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Penajam Paser Utara (PPU) turut menyiapkan lahan untuk pembuangan sampah untuk melayani sampah Ibu Kota Nusantara (IKN). Yakni area tempat pembuangan akhir (TPA) Bulunimung yang ada di Kelurahan Buluminung, Kecamatan Penajam.

Pemanfaatan TPA Buluminung tersebut sudah melalui koordinasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Otorita IKN (OIKN) hingga dinas terkait di Pemprov Kaltim. Hasilnya, DLH PPU tidak keberatan jika sementara TPA Buluminung menerima sampah domestik dari Kecamatan Sepaku khususnya limbah proyek pembangunan IKN dengan sejumlah catatan.

“Sampah sebelum dibuang ke TPA merupakan sampah yang sudah dipilah. Yang bisa dimanfaatkan itu masuk ke bank sampah, sisanya yang residu baru masuk TPA,” ujar Kepala DLH PPU Tita Deritayati, Kamis (19/1/2023).

Lahan TPA Buluminung sendiri seluas 18,5 hektare. Lahan pembuangan sampah ini melayani pembuangan sampah rumah tangga dan industri di seluruh wilayah PPU.

Masyarakat dan perusahaan diimbau melakukan pemilahan sampah terlebih dahulu, sebelum dibuang ke tempat pembuangan sementara (TPS). “Sampah rumah tangga dan industri yang masih memiliki nilai ekonomis, akan dikelola oleh Bank Sampah,” jelas dia.

Lebih lanjut soal pembuangan itu pula, sebelumnya kontraktor proyek pembangunan IKN telah meminta izin dengan bersurat resmi. “Sesuai surat yang masuk ke kami, untuk pengangkutannya dari pihak kontraktor juga,” lanjutnya.

DLH PPU sejatinya hingga kini belum mampu menangani sampah dari hasil aktivitas pembangunan IKN itu. Sebab, terkendala keterbatasan sarana prasarana.

Untuk itu pihaknya sudah bersurat untuk meminta bantuan kepada kementerian terkait, seperti PUPR dan KLHK untuk membantu khususnya di sisi armada dan alat berat. “Ini kami masih menunggu kabar, apakah ada bantuan tambahan armada. Ini penting untuk memaksimalkan zona pembuangan di TPA. Terakhir, ada informasi dari KLHK, bakal ada bantuan mesin pres sampah untuk di bank sampah induk kami. Mudah-mudahan bisa terwujud segera,” terang Tita.

Aktivitas di TPA Buluminung.

Untuk peningkatan pelayan juga, Pemkab PPU tahun ini menyediakan anggaran pengadaan satu unit alat berat untuk TPA Buluminung. Pengadaan alat berat tersebut sebagai bentuk kesiapan PPU dalam memberikan dukungan pemindahan IKN.

“Alat berat akan digunakan untuk penimbunan dan pemadatan sampah di tempat pembuangan akhir Buluminung,” tutup dia. (ADV/SBK)

15.9k Pengikut
Mengikuti