Sabtu, November 27, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Disdikbud Gelar Diklat Kurikulum Kesetaraan Siap Daya Saing

TENGGARONG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Diklat Kurikulum Kesetaraan Program Paket C yang diikuti para tutor, Pamong Belajar (PB) dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB), Rabu (17/11/2021) di Aula Disdikbud, Tenggarong.

Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Afrilian Noor mengatakan, pendidikan merupakan kunci keberhasilan pembangunan melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu menghadapi tantangan dan perubahan di era globalisasi dan informasi.

Menurutnya, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia hingga keterampilan siap daya saing.

“Ada tiga jalur pendidikan yakni formal, nonformal dan informal. Hal tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2002 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik,” kata Thauhid.

Menurutnya, pendidikan nonformal berupaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang dapat dilaksanakan secara berjenjang secara terstruktur dengan sistem yang luwes, fungsional dan mengembangkan kecakapan hidup untuk belajar sepanjang hayat melalui pendidikan kesetaraan.

“Pendidikan kesetaraan ini meliputi program paket A setara SD, Paket B setara SMP dan Paket C setara SMA. Ditujukan bagi peserta didik dari masyarakat kurang mampu, tidak sekolah, putus sekolah dan putus lanjut, serta usia produktif yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kecakapan hidup,” ujarnya.

Ditambahkan Tauhid, tujuan dari pembelajaran pendidikan kesetaraan paket C yakni membekali warga belajar agar mampu memenuhi tuntutan dunia kerja untuk dapat memperoleh penghasilan. Penting bagi warga belajar Paket C memiliki kompetensi setelah mengikuti proses pembelajaran, mengembangkan diri, memiliki keterampilan dan mampu bekerja.

“Sesuai tujuan pembangunan berkelanjutan Sustainable Development Goals/SDGs ‘Mengubah Dunia Kita: Agenda 2030 untuk pembangunan Berkelanjutan’ dengan menyediakan pendidikan bermutu dan berkualitas,” ujar Tauhid. (hms/adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengendarai Motor, Pria Misterius Ceburkan Diri ke Sungai Mahakam

0
SAMARINDA - Seorang pria yang belum diketahui identitasnya nekat bersama sepeda motornya menceburkan diri ke Sungai Mahakam, di Pelabuhan Samarinda, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan...

Pengendara Tewas di Jalan Rusak Bonles, Nursalam: Keluarga Korban Bisa Menuntut

0
BONTANG – Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Bontang Lestari pada Kamis (25/11/2021) malam, mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Termasuk kalangan pengusaha...