Bupati Berau Positif Corona, KPU Tunda Pemeriksaan Kesehatan bagi Muharram

0

BALIKPAPAN – Bupati Berau Muharram terkonfirmasi positif terpapar virus corona. Kepastian ini disampaikan Muhharam lewat video. Muharam mengaku dirinya dinyatakan positif corona setelah melihat hasil swab pemeriksaan kesehatan di RS Kanujoso Balikpapan, Rabu (9/9) pukul 21.30 Wita malam tadi.

“Di saat mengikuti pemeriksaan kesehatan, pada saat bersamaan ternyata rumah sakit melakukan swab test kepada saya, dan perlu saya sampaikan terkonfirmasi positif corona,” aku Muharram.

Ia pun menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Berau. “Boleh jadi ini menjadi kelalaian kami di saat beberapa waktu lalu berinteraksi dengan seseorang. Sehingga terjadilah seperti ini. Perlu saya sampaikan kepada masyarakat kabupaten Berau, siapa pun yang pernah berinteraksi, agar segera melakukan pemeriksaan. Jangan sampai ada teman-teman yang berinteraksi dengan saya, pernah berhubungan dekat, sehingga menjadi penularan baru di Kabupaten Berau,” bebernya.

Muharram menyebutkan, saat ini dirinya berada di Balikpapan. Ia pun izin kepada masyarakat dan aparatur sipil negara (ASN) Berau, jika untuk sementara waktu, konsentrasi melakukan pengobatan. Sekaligus untuk memulihkan kembali kondisi tubuh akibat Covid-19. “Sekali lagi saya meminta maaf. Saya minta doanya agar masalah ini cepat selesai,” ujarnya.

Namun demikian, disampaikannya kondisinya relatif nyaman dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan. “Indera penciuman dan perasa masih normal. Nafsu makan juga masih baik.  Hanya merasakan gejala flu dan sakit kepala. Saya sudah minum vitamin dan minum obat. Besok (hari ini, Red.) saya akan menuju Rumah Sakit Pertamina Balikpapan,” ujar Muharram.

Seperti diketahui, KPU Berau saat ini tengah melakukan pemeriksaan kesehatan bagi dua pasangan calon yang telah mendaftar ke KPU di RS Kanujoso Balipapan. Dua pasangan yang mendaftar yakni pasangan Muharram-Gamalis yang diusunga parpol PKS, PPP, Demokrat, Gerindra, PKB dan PAN serta pasangan Seri Marawiah – Agus Tantomo yang diusung Golkar, Partai Nasdem, PDI Perjuangan dan Hanura.

Mereka saaat ini menjalani pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan berlangsung hingga Jumat (11/9) besok dan hasilnya akan disampaikan 11-12 September.

Berdasarkan PKPU 10 tahun 2020 tentang perubahan atas PKPU 6 tentang pelaksanaan pilkada di tengah covid 19, telah diatur bagi calon dinyatakan positif covid.

Pada Pasal 50C disebutkan KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota menunda tahapan pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika bagi bakal pasangan calon atau salah satu bakal pasangan calon yang dinyatakan positif covid 19.

Bakal Pasangan Calon atau salah satu Bakal Pasangan Calon yang terpapar covid dilakukan penanganan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pencegahan dan pengendalian covid 19.

KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota kembali melakukan penelitian administrasi kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan calon, dan tahapan pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika bagi Bakal Pasangan Calon bila bakal calon dinyatakan sembuh.

Jangka waktu penelitian administrasi Bakal Pasangan Calon yang terpapar corona paling lama 20 (dua puluh) hari sejak dilakukan pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika. (ba/red)

Jangan Lewatkan Berita Terkini dari MediaKaltim.com dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini