Bawaslu Kaltim ‘Bidik’ Kalangan Kampus

0
GENCAR SOSIALISASI: Galeh Akbar Tanjung saat memberikan materi pada kegiatan rakor jajaran pengawas di Penajam Paser Utara. Kampus di Paser termasuk yang dibidik Bawaslu untuk kegiatan perkuliahan kepemiluan.

SAMARINDA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltim menggandeng kalangan kampus, untuk ikut melakukan pengawasan dalam Pilkada serentak 2020.
“Bawaslu Kaltim memang punya terobosan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengontrol tahapan Pilkada. Baik yang dilakukan KPU-Bawaslu, atau yang dilakukan oleh bakal calon di Pilkada serentak 2020. Bawaslu Kaltim bidik kalangan kampus, untuk bisa ikut berpartisipasi,” ungkap Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan Bawaslu Kaltim Galeh Akbar Tanjung, di ruang kerjanya, Kamis (9/7/2020).

Bentuk kerjasama yang dilakukan dengan kalangan kampus, yakni Bawaslu melaksanakan program perkuliahan kepemiluan dengan sistem dalam jaringan (daring).
“Perkuliahan daring ini kami kemas seperti proses pembelajaran kelas pada umumnya. Tetapi karena masa pandemi covid 19, dilakukan secara online,” sebut Galeh.

Dikatakan Galeh, keterlibatan kalangan kampus ini sangat penting, karena diharapkan para civitas akademika bisa memberikan kontribusi, baik dalam bentuk pengawasan partisitif maupun kajian atau penelitian tentang kepemiluan dan pemilihan kepala daerah.
Saat ini sudah ada 7 kampus di Kaltim yang sudah dijadwalkan untuk melaksanakan perkuliahan darin. “Yang saat ini sedang berjalan di Paser dan Balikpapan. Sedangkan yang lainnya sudah dijadwalkan,” pungkas Galeh. (gs)

Kampus yang Digandeng Bawaslu untuk Gelar Kuliah Kepemiluan secara Online
1. Samarinda
– Universitas Mulawarman
– Universitas Widyagama
– Universitas Tujuh belas Agustus
– IAIN
– Sekolah Tinggi Ilmu Hukum
2. Balikpapan
– Universitas Balikpapan
– Universitas Tridharma Balikpapan
3. Bontang
– Universitas Trunajaya
4. Kutai Kartanegara
– Universitas Kutai Kartanegara
5. Paser
– STIPER Muhammadiyah Tanah Grogot
– STIT Ibnu Rusd Tanah Grogot
– Politeknik Negeri Paser
– STIE Widya Praja Tanah Grogot

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini