Sabtu, November 27, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Arab Saudi Putuskan Gelar Ibadah Haji

JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi akhirnya memutuskan akan menyelenggarakan ibadah haji pada 2021 atau 1442 H. Keputusan itu diumumkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Dikutip dari spa.gov.sa, Minggu (9/5), keputusan ini diambil karena pihak Kerajaan Arab Saudi menginginkan jemaah dari seluruh dunia tetap bisa melaksanakan haji dan umrah meski pandemi COVID-19 belum berakhir. “Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan Kerajaan Arab Saudi mengadakan ibadah haji untuk tahun 1442 H,” kata Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Namun demikian, dalam pengumumannya, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini akan dilaksanakan dengan “kondisi khusus” demi melindungi jemaah dari penyebaran virus corona (Covid-19). Kerajaan Arab Saudi menegaskan kesehatan dan keselamatan seluruh jemaah haji merupakan prioritas utama.

“Menjamin kesehatan dan keselamatan jemaah sesuai dengan kontrol dan standar kesehatan, keamanan dan regulasi. Sehingga para jemaah dapat menjalankan ibadah dengan mudah di dalam lingkungan yang aman,” jelas Kementerian Haji dan Umrah.

Lebih lanjut, Kementerian Haji dan Umrah mengatakan, mereka bersama Kementerian Kesehatan akan segera menyusun aturan dan regulasi pelaksaan ibadah haji tahun ini. Mereka juga masih terus memantau perkembangan pandemi COVID-19 secara global.

“Otoritas kesehatan di Arab Saudi terus memantau kondisi dan mengambil semua langkah untuk memastikan kesehatan jemaah,” kata Kementerian Haji dan Umrah. “Rencana operasional untuk haji tahun ini akan segera diumumkan,” tutup pernyataan Kementerian Haji dan Umrah.

Sebelumnya, sempat beredar informasi haji 2021 kemungkinan akan sama dengan haji 2020 yaitu terlarang bagi warga luar negeri. Pada tahun 2020, hanya jemaah domestik — terdiri dari warga Saudi dan ekspatriat yang menetap di Saudi (mukimin) — yang diizinkan untuk menunaikan haji akibat merebaknya pandemi virus corona. Jumlahnya kurang lebih 1.000 orang. (red)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengendarai Motor, Pria Misterius Ceburkan Diri ke Sungai Mahakam

0
SAMARINDA - Seorang pria yang belum diketahui identitasnya nekat bersama sepeda motornya menceburkan diri ke Sungai Mahakam, di Pelabuhan Samarinda, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan...

Pengendara Tewas di Jalan Rusak Bonles, Nursalam: Keluarga Korban Bisa Menuntut

0
BONTANG – Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Bontang Lestari pada Kamis (25/11/2021) malam, mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Termasuk kalangan pengusaha...