Antisipasi Kebakaran Terulang, Camat Chahyo Minta Lurah Bontang Kuala Fasilitasi Usulan Warganya

0
Kondisi setelah musibah kebakaran yang terjadi di kawasan perumahan atas laut Kelurahan Bontang Kuala. (Bams/Media Kaltim)

BONTANG – Guna mencegah kembali terjadinya kebakaran, khususnya di wilayah perumahan atas air Kelurahan Bontang Kuala, Plt Camat Bontang Utara Chahyo Hadi Wichakso meminta Lurah Bontang Kuala untuk memfasilitasi warga di wilayahnya melakukan rembug warga terkait penanggulangan darurat bahaya kebakaran. Ini didasari fakta bahwa wilayah perumahan atas air  sulit dijangkau oleh mobil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan).

“Kami menunggu hasil usulan dari warga yang difasilitasi oleh pak lurah. Apakah nanti akan disediakan pojok APAR (Alat Pemadam Api Ringan, Red.), stiker imbauan, pengadaan floating pump, ataukah pompa air,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (14/10/2020).

Usulan ini pun nantinya juga akan dibahas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan diharapkan usulan ini menjadi perhatian khusus. Disisi lain, diharapkan warga sekitar juga dibekali edukasi dan pelatihan khusus terkait cara pemadaman api ketika terjadi kebakaran ringan. Dan di setiap kelurahan dibentuk bantuan relawan kebakaran (balakar).

“Sebenarnya Balakar di Bontang Kuala juga sudah ada. Masyarakat juga sudah pernah mendapatkan pelatihan dari Damkar. Namun memang karena sudah cukup lama vakum, jadi belum maksimal,” jelasnya. (bms/adv)

BACA LENGKAP DI SINI: 

BACA JUGA :  BKPSDM: Selamat Hari Keuangan Nasional

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini